Sabtu, 14 April 2012

Lembaga Pendidikan Formal

A.   Pendahuluan
Pendidikan merupakan hak bagi seluruh warga negara, baik yang miskin atau yang kaya, anak pejabat atau anak tukang becak, semuanya memiliki hak yang sama untuk mengenyam pendidikan.oleh karena itu pemerintah mengusahakan pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai pendidikan tinggi bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Walaupun untuk waktu sekarang belum bisa merata seperti yang diharapkan. Hal ini sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dalam usaha mencerdaskan bangsa tersebut pemerintah mendirikan sekolah-sekolah dari mulai untuk tingkat dasar sampai pendidikan tingkat tinggi. Sekolah tersebut sebagai lembaga pendidikan formal yang diharapkan mampu untuk meningkatkan taraf kehidupan bangsa. Karena dengan pendidikan yang tinggi masyarakat akan mampu untuk menyongsong kehidupan yang layak dan mampu untuk memanfaatkan sumber daya alam yang sangat melimpah ruah di bumi pertiwi yang kita cintai ini.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai lembaga pendidikan formal, mulai dari pengertian, karakteristik, fungsi, tujuan, dan jenjang serta jenis lembaga pendidikan formal. Diharapkan  kita mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk  lembaga pendidikan formal di negara ini. Dan dari penulis mohon bimbingan dari Bapak Dosen serta kritik dan saran dari teman-teman untuk menambah kekurangan yang ada dan semoga bermanfaat.






B.   Pembahasan

  1. Pengertian Lembaga Pendidikan Formal
Secara bahasa sesuai dengan KBBI, Lembaga memiliki beberapa arti, yaitu; 1). asal mula (yang akan menjadi sesuatu); bakal (binatang, manusia, atau tumbuhan); 2). bentuk (rupa, wujud) yang asli; 3). Acuan; ikatan; 4). Badan (organisasi) yang tujuannya melakukan suatu penyelidikan keilmuan atau melakukan suatu usaha.[1]Sedangkan Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. Dan Formal adalah sesuai dengan peraturan yang sah; menurut adat kebiasaan yang berlaku, resmi.[2]
Sedangkan lembaga pendidikan formal secara istilah adalah badan pendidikan yang diselenggarakan di tempat tertentu (kelas) yang pendidikannya mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah sampai pendidikan tinggi.[3] Dari pengertian tersebut kita tahu bahwa lembaga pendidikan formal adalah sekolah. Karena proses belajarnya diadakan ditempat tertentu yaitu gedung sekolah, secara teratur atau sistimatis, serta berlangsung mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi, berdasarkan aturan resmi yang telah ditetapkan.[4]
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan tempat yang paling memungkinkan seseorang meningkatkan pengetahuan, dan paling mudah untuk membina generasi muda yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mencerdaskan bangsa. Pendidikan yang dilakukan disekolah akan memudahkan pemerintah untuk mengetahui hasil dari tujuan pendidikan tersebut.
  1. Karakteristik Lembaga Pendidikan Formal
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki beberapa ciri-ciri atau karakteristik yang dapat kita ketahui, di antaranya adalah:[5]
1)      Pendidikan berlangsung dalam kelas yang sengaja dibuat oleh lembaga pendidikan.
2)      Adanya Guru, yaitu orang yang ditetapkan resmi untuk mengajar oleh lembaga.
3)      Memiliki administrasi dan manajemen yang jelas.
4)      Adanya batasan usia sesuai dengan jenjang pendidikan
5)      Memiliki kurikulum formal
6)      Adanya perencanan, metode, media serta evaluasi pembelajaran
7)      Adanya batasan lama studi
8)      Kepada peserta didik yang lulus mendapatkan ijazah
9)      Dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi
  1. Fungsi dan Tujuan Lembaga Pendidikan Formal
Sebagaimana yang tertera dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 13 Ayat 1 dijelaskan bahwa jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, non forman dan informal yang dapat saling memperkaya dan melengkapi.dari UU di atas kita tahu antara tiga jalur pendidikan tersebut saling berkaitan dan berfungsi untuk saling melengkapi. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang memiliki kurikulum dan perencanaan yang sistematis memiliki beberapa fungsi, antara lain;[6]
1)      Membantu lingkungan keluarga dalam mendidik dan mengajar tingkah laku anak sebagai peserta didik, memperbaiki dan memperluas pengetahuan yang mereka miliki, dan juga megembangkan bakat mereka.
2)      Mengembangkan kepribadian peserta didik melalui kurikulum yang ada, antara lain;
a)      Peserta didik dapat bergaul dengan lingkungan sekolah (guru, karyawan, teman) dan juga dengan masyarakat sekitar.
b)      Membiasakan peserta didik untuk taat kepada peraturan dan kedisiplinan.
c)      Mempersiapkan peserta didik untuk terjun di masyarakat sesuai dengan norma-narma yang berlaku.
Sedangkan tujuan pengadaan lembaga pendidikan formal adalah:[7]
1)      Sebagai tempat sumber ilmu pengetahuan
2)      Tempat untuk mencerdaskan bangsa
3)       Tempat untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan sebagai bekal hidup di masyarakat.
  1. Jenjang Lembaga Pendidikan Formal
Pendidikan Tinggi                                                   Umum
                                                          SMA              Kejuruan
 Pendidikan Menengah                                            Umum                               
                                                           SMP              Kejuruan
                                                       
                                                        SD
Pendidikan Dasar        
                                                           TK
  1. Jenis Lembaga Pendidikan Formal
                                         Formal
Umum                                                                          Kejuruan








TK  SD SMP  SMA  PT                 Tehnik   Kejuruan   Kerumah   Jasa  Pertanian
                                                     Industri                      Tanggaan
                                                     STM       SMEA       SMKK       SPK     SMTP
                                                                                       SPK
                                                                                       SAA
                                                                                       SMPS

C.   Kesimpulan

Lembaga Pendidikan Formal merupakan badan pendidikan yang dilaksanakan di tempat tertentu (kelas), memiliki jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi dan bersifat sistematis. Lembaga Pendidikan ini merupakan usaha pemerintah untuk mencerdaskan bangsa. Dan dengan lembaga pendidikan ini pemerintah akan lebih mudah untuk mengetahui taraf pendidikan warganya.
 Lembaga Pendidikan Formal merupakan salah satu jalur pendidikan selain pendidikan non formal dan informal yang berfungsi mendidik, dan mengajarkan tingkah laku peserta didiknya, memperluas serta mengembangkan bakat mereka. Sehingga mereka memiliki bekal hidup di tengah masyarakat.
Jenjang pendidikan formal mulai dari pendidikan dasar, yaitu TK dan SD, pendidikan menengah yaitu SMP dan SMA dan pendidikan tinggi yaitu Perguruan Tinggi. Pendidikan formal juga ada yang Umum dan ada pula yang Kejuruan. Untuk yang umum seperti TK, SD, SMP, SMA, PT. dan untuk pendidikan formal yang kejuruan seperti kejuruan tehnik industri, kerumah tanggaan, jasa, pertanian dan lain-lain.


Daftar Pustaka

Ahmadi, Abu,  Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Cet. II, 2001, Jakarta: PT. Rineka Cipta



Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI, Software Komputer)



[1] Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI V1.1 Software Komputer)
[2] Idem.
[3] http://id.wikipedia.org, diakses tanggal 25 Juli 2011, pukul 21:36
[4] Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Cet. II, 2001, Jakarta: PT. Rineka Cipta, hlm. 162
[5] http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology, diakses tanggal 25 Juli 2011 pukul 22:14
[6] Abu Ahmadi, Op. Cit.
[7] Abu Ahmadi, Loc. Cit. hlm 164

0 komentar:

Poskan Komentar